Minggu, 29 April 2012

Pura Ida Ratu Dukuh Besakih




Pura Dukuh Sakti Catur Lawa Pura Besakih 
Sakti ngarania ikang sarwa jnyana
Sakti
 ngarania ikang sarwa jnyana
lawan
 sarwakarta (Wrehaspati Tattwa.14)
Maksudnya
Sakti
 namanya adalah yang banyak ilmu pengetahuan (sarwa jnyayadan banyak melakukan karya berdasarkan ilmu tersebut (sarwa karta).

MENURUT Pustaka Purana Besakihbahwa Pura Dukuh Sakti di sebelah utara Pura Penataran Agung Besakih tergolong Pura Catur LawaPura Catur Lawa lainnya adalah Pura PasekPura Pandedan Pura PenyarikanDi samping ada Pura Catur Lawa sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan Pura Agung Besakih terdapat pula Pura Catur Dala atau Pura Catur Loka Pala yaitu empat kompleks pura yang menjadi unsur utama dari Pura Besakih.
Pura Catur Loka Pala ini berada di empat penjuru angin dengan Pura Penataran Agung Besakih sebagaisentralnya di tengah-tengahPura Catur Dala atau Pura Catur Loka Pala ini adalah Pura Batu Madeg media pemujaan Batara Wisnu di utara Pura Penataran Agung BesakihPura Gelap media pemujaan Batara Iswara di arah timurPura Kiduling Kreteg media pemujaan Batara Brahma di arah selatanSedangkan di arah barat Pura Ulun Kulkul


Pura Besakih disimbolkan bagaikan bunga padma sakralPura Penataran Agung ibaratsari bunga padma.
Pura Catur Dala itu ibarat empat kelopak daun bunga padma tersebutDalam berbagai Puja Stawa bunga padma disimbolkan sebagai Bhuwana Agung stana Tuhan yang sesungguhnyaTuhan menurut kepercayaan Hindu ada di mana-mana meresap di seluruh bagian Bhuwana Agung maupun Bhuwana Alit. BahkanTuhan berada di luar alam semesta yang tiada terhinggaDemikian jugalah halnya Pura Besakih dengan seluruh komplekanya sebagai simbol sakral Bhuwana Agung sebagai Padma stana Tuhan Yang Maha Esa.

Empat pura yang disebut Pura Catur Lawa itu memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam mengeksistensikan berbagai kegiatan ritual dan spiritual di Pura Besakih.Tetapi perbedaan-perbedaan fungsi Pura Catur Lawa itu sebagai pembagian tugas untuk menyukseskan tujuan mulia upacara di Pura Besakih yaitu harmonisnya hubungan umat manusia dengan alam lingkungannyadengan sesama manusia dan harmonis yang tertinggi adalah dengan Ida Sang HyangWidhi Wasa.

Pura Pasek menyediakan dan menata berbagai keperluan upakaraPura Pande menata segala peralatannyaPura Penyarikan menata segala kebutuhan tatausaha administrasi agar segala sesuatu berjalan dengan teraturSedangkan Pura Dukuh Sakti sebagai penata berbagai keperluan sandang panganbaik yang sakral maupun yang biasa yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan kegiatanritual dan spiritual di Pura Besakih.

Masing-masing Pura Catur Lawa itu memiliki pangempon tersendiriPangempon dalam hal ini berarti yang mengurusi segala sesuatunya agar pura tersebut dapatdifungsikan dengan sebaik-baiknya oleh umat panyungsungArtinya pangempon pura ini bukan berarti hanya warga pangempon saja yang boleh menggunakanpura ini sebagai sarana untuk menyelenggarakan kehidupan beragama Hindu.
Demikianlah Pura Dukuh Sakti ini sebagai Pura Catur Lawa dan sebagai pangempon-nya adalah warga Dukuh SageningPura Dukuh Sakti ini bukanlah semata-mata sebagai Pura Padharman Warga Dukuh Sagening. Yang lebih menonjol sebagai Pura Catur Lawa Pura Agung Besakih.

Sekarang untuk mencapai Pura Dukuh Sakti ini dapat dilalui dengan kendaraan bermotorbaik mobil maupun sepeda motor lewat Pura PeninjoanDi Pura Dukuh Sakti ini terdapat pelinggih utama berupa Meru Tumpang Lima sebagai pemujaan Hyang Sangkul PutihBeliau ini adalah orang suci yang memiliki jasa besar untuk mengatur berbagai kegiatan upacara yadnya di Pura Besakih.
Pura Dukuh Sakti ini nampaknya sebagai pasraman tempat belajar dan latihan bertapa dengan Sangkul Putih sebagai penuntun spiritual. Istilah Dukuh sesungguhnya sebutan DwijatiIa tidak keliling menjumpai umat memberikan tuntunan rohaniDukuh adalah Dwijati yang menetap di asramanyaUmat yang membutuhkan tuntunanlah yang datang ke asrama sang Dukuh.
Hak inilah yang dalam Sarasamuscaya 40 dinyatakan bahwa pandita sebagai sang PatirthanMaksudnya salah satu fungsi pandita di suatu paguyuban umat sebagai tempat untuk memohon penyucian diriPura Dukuh Sakti inilah sebagai media pasraman sang guru suci untuk melayani umat yang mohon tuntunan penyucian diri kepada sang panditaDwijati yang demikian itulah yang disebut Dukuh.

Mengapa Pura Catur Lawa itu disebut Pura Dukuh SaktiSakti menurut pengertian Pustaka Wrehaspadi Tattwa 14 dalam ulasan bahasa Jawa Kunonya yang dikutip di atas itu adalah sebagai sebutan mereka yang sudah memiliki banyak ilmu atau sarwaJnyana dan juga sudah banyak melakukan kerja nyata sebagai upaya mewujudkan ilmu yang dimilikiDiPura Dukuh Sakti ini berstana Sang Hyang Sangkul Putih yangmemang sakti.
Kesaktian Sangkul Putih itu sebagaimana dinyatakan  dalam Pustaka Werehaspati Tattwa 14. Artinya beliau Sangkul Putih itu benar-benar dwijati yang memiliki banyak ilmu atau Samiajnyanam atau memiliki Para Widia dan Apara WidiaMaksudnya memiliki ilmu tentang kerohanian dan tentang ilmu dunia nyata ini yang disebut Apara Widya

Menurut Prasasti Penataran Agung A.PutraPura Dukuh Sakti ini didirikan pada abad ke-15 Masehi saat Dalem Waturenggong sebagai Raja di Klungkung.
Tentunya keberadaan fisik Pura Dukuh Sakti saat itu tidak seperti sekarangKeadaan fisik Pura Dukuh Sakti sekarang sudah banyak mendapatkan perhatianumat dan Pemda Bali dengan berbagai perbaikan pelinggih yang sudah rusakPujawali di Pura Dukuh Sakti ini setiap tahun sekali berdasarkan ChandraPremana yaitu pada Purnamaning Sasih KapatDi pura ini terdapat juga pelinggih bebaturan sebagai pertanda zaman kejayaan Hindu Siwa Pasupata.
Meskipun sampai saat ini Hindu di Bali berada di bawah Hindu Siwa Sidhantapeninggalan-peninggalan Siwa Pasupata tetap dipelihara dan amat dihormatiDemikian juga di Pura Dukuh Sakti ini didirikan juga Pelinggih Manjangan Saluwang yang mengingatkan kita pada kejayaan Mpu Kuturan mendampingi raja menata kehidupan umat dalam mengamalkan ajaran agama Hindu di Bali. Karena jasa-jasa Mpu Kuturan itulah diperingati dengan suatu bentuk pelinggihyang amat khas yang disebut Pelinggih Manjangan SaluwangPelinggih untuk mengingat jasa-jasa Mpu Kuturan banyak di Pura Dewa Pratistha dan Atma Pratistha* I Ketut Gobyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar